Obati Sengatan Secara Tradisional


TIPS OBATI KENA SENGATAN TAWON

Tawon

Pernah ga sih kena sengatan tawon ato lebah?

Ya..h, kalo punya obat dari dokter yang cocok buat bekas luka itu si ga papa… Tapi, kalo jauh dari Puskesmas, Rumah Sakit, ga punya obat dari dokter lagi. Giman coba…??Eh, sakit ya kalo kena sengatan tawon atau lebah? Sakit ga?

Fren, saya punya sedikit tips ni buat antum. Ini asli lho dari pengalaman….!! Sebelumnya, kenali dulu tuh, kenapa sih si sengatan tawon ntu kok bisa berbahaya ya?

Lebah

Nah kawan-kawan, kok bisa ya sengatan yang kecil begitu bisa membahayakan kita? Tentu saja, karena sengatan tersebut mengeluarkan bisa yang berbahaya terhadap tubuh, yang di lairkan melalui darah. Sehingga tidak aneh kalau ada bagian dari anggota tubuh kita yang terkena sengatan akan membengkak. Pembengkakan tersebut terjadi karena membengkaknya jumlah sel darah putih. Sel darah putih tersebut akan berperang habis-habisan untuk melawan racun yang akan menyelundup ke dalam tubuh. Selanjutnya apa yang terjadi setelah peperangan itu?

Ada 2 kemungkinan yang akan terjadi setelah terjadinya peperangan itu. Pertama, akan terjadinya radang pada bekas sengatan tersebut bahkan menjadi borok. Hal ini disebabkan karena sel darah putih si pembela tubuh telah kalah. Tidak menuntut kemungkinan jika jumlah sel darah putih yang tersedia tidak dapat menghalau racun sengatan tersebut, maka besar peluang akan mengakibatan kematian karena racun tersebut bergerak langsung menyerang jantung.

Sedikit fakta, sekitar jam 10 pagi tetangga saya pergi ke kebun. Ternyata, secara tidak sengaja dia menginjak sarang tawon dan langsung seketika tawon tersebut menyerangnya. Karena banyaknya serangan tawon, dia pun lemas. Akhirnya, ketika seikitar pukul 2 siang dia merasakan demam berat. Dibawalah ke Rumah Sakit. Dokter bilang: “Si ibu tidak akan tertolong kalo nggak segera di dibawa ke rumah sakit”.

Nah, jelaslah bahwa sengatan tawon/lebah tersebut sangat berbahaya. Sekarang, gimana kalo ketika kebun atau daerah anda jauh dari puskesmas atau Rumah Sakit sementara anda terkena sengatan? Apa yang sebaiknya anda lakukan sebagai pencegahan pertama?

Anda kenal gambar dibawah ini?

Foto bekicot si pengisap racun sengatan.

Yah, dialah obatnya. Tapi ingat…! Berdoa dulu kepada Allah SWT.

Tau ga cara pemakainnya? Ini dia caranya:

Ambil bekicot. Untuk saat ini bagi anda yang takut bekicot, mohon jangan dulu deh…! Tempelkan segera pada bekas sengatan tersebut. Insya Allah anda pasti akan merasa adaem, dingin. Rasa sakitnya ga bakalan kerasa deh… Terus, kalu udah kuncup si bekicotnya, ambil lagi bekicot yang baru. Terus begitu sampai udah kerasa dingin.

Sebagai fakta, ibu saya dulu pernah kena sengatan tawon di kepalanya. Ketika inget harus pake bekicot, father ku langsung mengambilkannya. Alhasil, alhamdulillha ibu ga negarasa sakit kepala dan sebagainya. Yang ada cuma adem aje……!

Nah, itulah tips kali ini. Semoga bermanfaat…..!

Previous Post
Leave a comment

21 Comments

  1. wow…..yang benerr mul…….
    sungguh baru tahu aku……moga aja aku ga di sengat bekicot,,,eh salah ga di sengat tawon….

    Reply
  2. Agus16

     /  March 9, 2008

    Kalo tawon masuk kuping…? Pengalaman pribadi yang unik, suatu hari saya mengendarai motor tanpa memakai helm, Dengan kecepatan kira-kira 40km;jam.. mendadak ada tawon masuk kuping. Waah bingung, sakit. gimana cara ngeluarinnya…? Memang belum menyengat. Tapi untuk tawon kuning yang berdiameter sekitar 0,5 cm tentu sangat menyakitkan ketika di dalam telinga. Harus ada cara bagaimana mengeluarkan tawon tsb tanpa menyengat. Mau di ogrok-ogrok takut tawonnya marah.. coba diasapi dengan rokok… gak juga keluar..waduh mana sakit, teriak-teriak di kampung orang , dikumpulin warga satu RT. Datanglah seorang kakek memberitahu @cari ranting /kayu kering lantas selipkan di atas tu telinga. Wah ni ide tahayul juga… Tapi segala cara yang nampak logis beresiko besar.. ini ada petunjuk gak sakit, ngapa nggak di coba? Ikuti aja deh ketimbang nambah sakit… Benar saja, ga sampai 30 detik tu ranting diselipkan..tawon dah keluar, yang tadinya udah ada sekitar 15 menit di dalam telinga. Sampai sekarang saya masih mencari pembenaran logis, petunjuk yang nampak tahayul itu secara fisika. Oya, ketika saya hendak melanjutkan perjalanan. Kakek tsb juga berpesan, bukan hanya tawon saja, hewan yang lain (semut dll) pun sama triknya.
    Alhamdulillah, sampai hari ini saya ga ingin lagi kemasukan tawon di kuping, atau lubang-lubang lain.
    Ga percaya? coba aja masukin tawonnya kekuping anda.. hehehehe Kuaburrrrr”***

    Reply
  3. tina

     /  August 22, 2008

    Salam Mulyana n semua kawan2 yg lg baca..

    wahhh
    klu cerita soal disengat tawon, g jadi takut nc..skrg aja kaki g msh keg balloon besarnya..
    g gak tao klu disengat binatang sekecil tu bisa sebahaya ini, jadi waktu pertama disengat g biarin aja n g lanjutkan pegi kerja, taunya waktu pulang kerja kaki g uda bengkak keg ballon udara,,hiks3..untung aja kaki g gak bisa terbang…klu gak g gak punya kaki lage…hehehe

    mungkin mul n temen2 ada tips or saran nc buat g..
    sekarang bekas sengat tawon di jempol kaki g uda ktutup tapi racunnya masih di dalam tuch,,makanya 1 kaki g ampe pegelangan kaki bengkak semua, jadinya g gak bisa beraktivitas..
    so gmn ya cara ilangin bengkaknya n sakitnya, bis sakit bngt loo, berdenyut trus,,sakiiiiiiitttt hiks99xxx

    n btw ada tips gak ya, buat ilangin gatalnya nanti???
    soalnya g dengar dr temen2 klu uda agak mao sembuh nanti bakal gatal banget..sedangkan sekarang masih keg ballon aja kaki g uda gatal buanget..apalage klu uda mao sembuh nanti..
    kemarin g coba pake minyak angin untuk ilangin gatalnya yg terjadi kaki g gak jadi nyusut malah nambah gede aja..bis banyak yg bilang sengatan tawon boleh di kaci yg panas ya seperti minyak angin…

    buat saran n tipsnya saya ucapin thnx bfore ya..
    mudah2n ini untuk terkhir kalinya saya kena sengat binatang jahat tu ya…amiiin.. ^-^

    Reply
  4. salam revolusi

     /  February 24, 2009

    beneran niy???hmm,,,patut di coba. saya baru tau kalo ada cara seperti ini. walopun secara ilmiah blom dapet.

    nice blog….lagi blogwalking nyasar ke sini😀

    Reply
  5. bonchu

     /  March 20, 2009

    tadi siang aku di serang tawon.. gara2 anak2 kecil iseng gangguin sarangnya tuh… kepalaku di serang sama gerombolan tawon.. hiks sakit.. susah cari bekicot, ada yang lain ga?

    Reply
  6. Achinfitri

     /  March 20, 2011

    tgl 17-3-11aku mau jln ketaman ehh dasar apes dijalan diserang tawon dikaki,tangan and paling bnyk di kepala udh itu msk lg tawonnya kedlm rambut kan ssh bgt keluarinnya,waduh wkt disengat seketika rasanya mau mati saja,kepala dan bekas gigitan panasnya minta ampiun dah,pertama temanku langsung oles pake obat seadanya yaitu minyak sereh,dah itu aku nga tahan sakitnya langsung di bawa keUGD,sampe disana sakitnya bertambah,aku diinfus,disuntik,and minum obt,jg dihrskan rawat inap,ya benar aja dr jam 6 sore disengat sakitnya ampe jam 02 tengah malam,wkt sakit jg aku dikompres ama Dr pake air es.Puji Tuhan setelah lewat sakitnya sy berangsur2 sehat tanpa ada bekas atau gatal yg berlebihan.tp traomaku msh ada sy blm berani keluar rm ampe skr.hati2 ya tawon emang kecil tp berbahaya.GBU

    Reply
    • Saya turut prihatin, memang tak terbayangkan sakitnya seperti apa.
      Kisah saudara tidak jauh beda dengan tetanggaku. Telat beberapa menit dibawa ke UGD, dokter berkata nyawanya tidak dapat diselamatkan. Tapi syukur masih bisa diselamatkan, dengan suntikan entah zat apa yang berwarna hitam.

      Mudah-mudahan saudara lekas sembuh total dan dapat menikmati kembali indahnya alam.🙂

      Reply
  7. niko pancer

     /  July 28, 2011

    diwaktu saya mengetik ini, saya sedang menahan rasa sakit karena br disengat tawon tepat dipipi sebelah kiriku, ceritanya disaat sedang ngerokok di teras tiba2 seekor lebah mendekat dan langsung menyengatku…, lebahnya terpaksa aku bunuh…, dan saat ini aku sangat sakit sekali… aku tidak tau harus bagaimana… mungkinkah ini kiamadku???

    Reply
  8. ian

     /  September 13, 2011

    baru disengat tawon ne di kepala.untung cman bentol g sampe bengkak

    Reply
    • Agan Ian, Indonesia masih selalu untung ya.. Hehehe..
      Syukurlah, tidak sampai bengkak ya. Pasti puyeng itu kalo sampe bengkak.. Hrrr…

      Reply
  9. Joni Suprapto

     /  January 24, 2012

    Kmaren saya telah tersengat oleh tawon. Kakak ipar saya menyarankan menggunakan air kencing saya sendiri untuk d oleskan d sekitar luka sengatan. Alhamdulillah rasa panas akibat sengatan sedikit berkurang. Kemudian saya k dokter utk diberikan obat dan antibiotik utk menghilangkan sisa efek dari sengatan tawon. Demikian smoga menjadi saran tambahan agar tidak terjadi hal” yg tidak diinginkan akibat sengatan tawon.

    Reply
  10. juntika

     /  August 16, 2012

    gara* di sengat lebah jadi malu keluar deh malu pa lagi ni pas di alis….

    Reply
  11. Tity

     /  March 4, 2013

    saya baru mencari info ini setelah kemarin sore anak saya di sengat tawon dan dalam hitungan menit bengkak seluruh badan. Dia disengat tawon saat mengendarai motor, (alhamdulillah bisa tiba dirumah dengan selamat) begitu sampai di rumah saya langsung mengambil bunga apa saja yang terdekat dan menggosokkannya dibagian tersengat tawon (dibagian leher, kelihatannya kena pada pembuluh darah), tetapi tidak lama kemudian dia berteriak-teriak merasakan panas dan gatal, ternyata hampir seluruh bagaian tubuh telah bengkak, bahkan mukanya sudah sangat mengerikan dilihat karena benjolan dan bengkak, bibir dan hidung sudah mencong, kaku. Saya segera pergi ke apotik untuk mencari obat alergi, alhamdulillah apoteker penjaga apotik itu tidak terburu-buru memberi obat saat mendengar detail penjelasan saya, dia menyarankan untuk segera membawa ke dokter. Tiba di dokter, dokter memberikan 2 kali suntikan, belakangan saya tau itu suntikan epinefrin dan diberi obat jenis antihistamin dan kortekosteroid.
    Saat solat Isya, gatal dan bengkak mulai mereda dan dia sudah bisa solat.
    Kami sejak kecil tahu bahwa bunga dapat menjadi penawar sementara sengatan lebah dan itu sudah selalu keluarga kami rasakan manfaatnya, karena setelah digosokkan dengan bunga bagian yang tersengat tidak akan luka, dan sengat yang tertinggal (jika ada) dapat terlihat dan langsung dicabut. meskipun setelah itu tetap dilakukan pengobatan lanjutan terutama minum obat golongan atihistamin.
    Kejadian kemarin sangat diluar dugaan. Kali pertama dia tersengat di dagu hanya wajahnya saja yang bengkak, kali kedua ditangan, seluruh tangan bengkak dari jari sampai ketiak. dan yang terparah kemarin. Insya Allah ini yang terakhir……Pesan saya jika tersengat tawon, jangan ragu-ragu untuk membawa ke dokter, karena senagatn tawon untuk orang-orang tertentu sangat berbahaya…..

    Reply
    • Betul Mba Tity,

      Sengatan tawon sangat berbahaya. Terima kasih buat sharing pengalamannya. Buat nambah referensi. Paling tidak, ada pertolongan pertama sebelum di bawa ke dokter. Tentu harus disegerakan ke dokter. Apa lagi seperti yang mba ceritakan. Sudah sangat parah..

      Reply
  12. Vimey

     /  April 24, 2013

    Saya baru saja digigigt tawon di kepala bagian belakang sebelah kanan. Saya merasa sakit sekali sampai berdarah. Setelah itu suami saya langsung mengoleskan minyak tawon. Memang efeknya tidak begitu kelihatan, karena bagian tubuh saya tidak ada yang bengkak. Pertanyaan saya, apakah tetap ada efek yang berbahaya ?

    Reply
    • Mungkin bukan digigit mba, tapi disengat ya.😀
      Kurang tau persis efek jangka panjangnya. Sebaiknya konsultasikan saja dengan team medis.🙂

      Reply
  13. yasmin

     /  November 20, 2013

    ini ade aku kemarin di sengat tawon 3 kali, tawon nya ada 2,
    kemarin d kompres sama air anget. lumayan udah agak mendingan bengkak di bgin bibir, eh pas mlm tdr, pg pg , tb tb bibir,pipikanan, jidat, n tangan.a merah , and benkak, brusan sya kompres lg pake air anget eh gk kempes2 aduh gmana ini?

    Reply
  14. sus

     /  June 29, 2015

    Klo nyengat nya di bibir gimana cara ngobtinnya???

    Reply
  15. Dalis

     /  February 18, 2016

    Saya disengat didalam telinga.sakitnya minta ampun.

    Reply
  16. Va

     /  April 6, 2016

    Q disengt di kepala dan pipi… seketika rasa nya kram di kepala n bengkak nya gede bgt trs rada puyeng…ntr mlm mw ke dokter deh secara aq lemes bgt nih ada perasaan aneh dikpla sprti mw pingsan

    Reply

Leave a Reply

