Industri Rokok Menjeratmu, Anak Muda


Stop Merokok

STOP SMOKING!!

MENGAPA INDUSTRI TEMBAKAU MENARGETKAN ANAK DAN DEWASA MUDA MENJADI KONSUMENNYA?

  • Untuk bertahan, industri tembakau harus menjaring konsumen baru untuk menggantikan konsumen mereka yang meninggal atau berhenti. Mereka harus menjaring anak-anak muda.
  • Kebanyakan orang mulai merokok sebelum usia 18 tahun dan hampir seperempatnya mulai merokok sebelum usia 10 tahun.
  • Semakin muda usia seseoarang saat mencoba rokok pertama kali maka semakin besar kemungkinan ia menjadi perokok dan semakin kecil keinginan mereka untuk berhenti merokok.

MENGAPA PROMOSI DAN SPONSOR PERUSAHAAN TEMBAKAU ADALAH ANCAMAN BAGI ANAK MUDA?

  • Semakin anak muda terpapar iklan promosi rokok, maka semakin besar kemungkinan mereka akan merokok. Industri tembakau telah meberikan promosi yang menyesatkan dengan menghubungkan rokok dengan hal-hal mewah, penuh semangat, menarik bagi lawan jenis dan petualangan.
  • Promosi tembakau yang meluas akan memberi kesan mengkonsumsi tembakau adalah hal biasa, rokok adalah sama dengan produk konsumsi lain dan hal ini menyebabkan anak muda tidak mengerti bahaya rokok ataupun menganggap remeh resiko kecanduan nikotin dan dampak tragis yang disebabkannya.

MENGAPA KITA MEMERLUKAN LARANGAN TOTAL IKLAN, PROMOSI & SPONSOR PERUSAHAAN ROKOK?

  • Industri tembakau menghabiskan milyaran dolar setiap tahun untuk memperluas jaringan pemasarannya seluas mungkin. Mereka berusaha menarik anak muda, di lingkungan yang hangat dan mengasyikkan seperti bioskop, internet, majalah fashion, konser musik dan olahraga.
  • Industri rokok bekerja dengan kreatif untuk meningkatkan penjualan produksinya. Promosi di papan reklame, majalah dan internet merupakan salah satu jaringan pemasaran rokok. Industri rokok juga memastikan produknya sering terlihat di televisi, film dan dunia mode. Selain itu, mereka juga mensponsori acara olahraga, hiburan, peluncuran produk-produk bermerk serta acara promosi untuk menarik dan mempertahankan konsumen mereka.
  • Hanya larangan total terhadap iklan dan promosi rokok yang dapat mematahkan jaringan pemasaran rokok. Banyak cara telah dilakukan oleh industri rokok untuk menangkap anak muda dan larangan yang iklan setengah-setengah membuat industri mencari celah dan mengalihkan taktik promosi mereka ke cara lain.

APAKAH ANAK MUDA DI NEGARA BERKEMBANG TERANCAM? BAGAIMANA DENGAN ANAK PEREMPUAN?

  • Lebih dari 80% anak muda di dunia sejumlah 1.8 milyar jiwa (usia 10-40 tahun) tinggal di negara berkembang dan mereka merupakan target utama dari pemasran tembakau. Empat dari ilma anak muda tinggla di negara berkembang dan sering terpapar promosi industri tembakau.
  • Industri tembakau menargetkan wanita muda melalui iklan, promosi dan sponsor. Strategi pemasaran yang cermat mendorong anak perempuan dan juga wanita muda untuk mengkonsumsi produk tembakau dan mecoba melemahkan pandangan tradisional bahwa wanita tidak seharusna merokok.
  • Meningkatnya penggunan tembakau di kalangan anak perempuan dan wanita muda adalah satu perkembangan epidemis global tembakau yang paling buruk.

APAKAH LARANGAN TOTAL PROMOSI ROKOK MERUPAKAN SATU-SATUNYA CARA MELINDUNGI ANAK MUDA DARI TEMBAKAU?

  • Larangan iklan, promosi dan sponsor rokok adalah langkah yang efektif dalam melindungi anak muda dan juga merupakan salah satu dari strategi MPOWER World Helath Organization yang dirumuskan untuk memerangi penggunaan tembakau, penyebab kematian tertinggi di dunia saat ini yng dapat dicegah.
  • Enam strategi MPOWER memungkinkan negara untuk melindungi anak muda mereka dari tembakau¬† yang dpat membunuh satu milyar orang selama abad 21 ini.
Adopted from: VIEW Agustus 2008

Comments are closed.
%d bloggers like this: